Sabtu, 15 Juli 2023

Komitmen Menulis di Blog Bersama Dedy Dwitagama: Menemukan Suara dari Dalam Diri dan Semangat Berbagi Pengetahuan




Resume ke          : 8

Gelombang         : 29

Tanggal               : Rabu, 12 Juli 2023

Judul                  : Komitmen Menulis di Blog

Narasumber        : Drs. Dedi Dwitagama, M. Si

Moderator           : Dail Ma'ruf, M. Pd. 




"Karakter yang membuat kita keluar dari tempat tidur,

komitmen yang memindahkan kita ke dalam tindakan,

dan disiplin yang membuat kita mampu untuk menindaklanjuti." 

( Zig Ziglar )


KBMN 29 telah sampai pada pertemuan ke-8, pada pertemuan malam ini materinya adalah Komitmen Menulis di Blog dengan narasumber yang hebat. Beliau adalah Drs. Dedi Dwitagama, M. Si. seorang yang expert di dunia blogger.

Dalam pembelajaran kali ini narasumber di temani oleh moderator yang juga alumni KBMN Dail Ma'ruf, M. Pd. seorang tokoh penggiat literasi dan editor media online melintas.id.


Menulis di blog adalah salah satu cara terbaik untuk menyampaikan ide, pengalaman, dan pengetahuan kepada orang lain di dunia maya. 


Dengan berkomitmen untuk menulis secara konsisten, kita memiliki kesempatan untuk menemukan suara dari dalam diri kita sendiri dan mempengaruhi orang lain dengan cara yang positif.


Bahkan para pahlawan kemerdekaan Indonesia pada masa lalu dan terus hingga kini perjuangan melalui tulisan menjadi jalan yang sangat efektif.

Pertemuan kali ini di kemas dengan konsep yang berbeda dari sebelumnya karena grup whatsapp yang biasa di kunci pada malam hari ini di biarkan terbuka sehingga peserta bisa bebas bertanya dan berkomentar.

Ternyata ini memang gaya dan strategi dari pembicara agar pembelajaran di dalam grup whatsapp ini berjalan dengan komunikatif dan peserta pelatihan aktif berdiskusi.

Benar saja baru saja pembicara membuka pembelajaran dengan menanyakan apa yang peserta harapkan dan ingin dapatkan dari materi ini agar menanyakan langsung ke pembicara langsung di sambut rentetan pertanyaan.


Dalam serbuan pertanyaan dari peserta, pak Dedi menjawab semua pertanyaan satu-persatu dengan baik bahkan seringkali harus menggunakan Voice chat untuk mengejar intensitas tanya jawab yang tinggi.


Bahkan 1 pertanyaan yang di jawab dengan voice chat oleh pemateri sedang kami dengar jawabanya, sudah ada pertanyaan baru yang mengantri dan di jawab dengan ketikan.

untuk pertanyaan yang butuh jawaban yanhg panjang memang pak dedy langsung menggunakan voice chat untuk mempercepat waktu dalam menjawab.

Di tambah pada sesi ini akan di pilih penanya terbaik yang akan mendapatkan hadiah langsung dari nara sumber pada pertemuan malam ini.

 
Sejak awal perkenalan profil pembicara oleh moderator saya langsung tertuju oleh link instagram yang di berikan moderator. mungkin ini kebiasanan saya mengukur seseorang aktif di teknologi informasi terutama di media sosial dengan mengecek akun medsosnya.

setelah saya buka, terpampang folower belasan ribu dan konten yang segar, fiks pembcara aktif di dunia maya dan saya langsung follow beliau.

Poin-poin materi dan tanya jawab akan saya ringkas secara keseluruhan di sini

Cara mengisi blog yang kita miliki adalah dengan mengisi blog sesuai dengan apa yang kita sukai,  tidak perlu memikirkan akan seperti apa. Dalam waktu satu tahun kita dapat mengetahui mana blog yang diminati pembacanya,


Jangan khawatir jika tulisan kita sepi pengunjungnya, karena saat orang membutuhkan tulisan kita mereka akan berkunjung ke blog yang kita miliki. 


Bagi seorang penulis, blog ibarat rumah digital yang dapat kita isi dengan apa saja dan orang lain bisa membaca serta menyisipkan komentarnya, jika objek tulisan kita bagus, kita pun bisa mendapat kesempatan untuk diundang menjadi pembicara. 

Mengapa komitmen menulis di blog penting, manfaatnya, dan bagaimana menjaga komitmen tersebut.


1. Menemukan suara dari dalam diri kita

2. Berbagi pengetahuan dan mempengaruhi orang lain

3. Meningkatkan kemampuan menulis

4. Membangun jaringan dan meningkatkan visibilitas



Sebagai seorang penulis di blog tentunya kita akan senang sekali jika tulisan kita banyak dikunjungi, salah satunya dengan cara mengunjungi blog orang lain dan memberikan komentar, etika jika ada orang yang berkomentar di blog kita, baiknya kita juga berkunjung ke blog orang tersebut memberikan komentar atau memberikan tanda like. 

Blog dapat dijadikan sebagai media penyampaian materi pembelajaran, kita dapat membagikan materi atau bahan ajar kita melalui blog. Bahkan kita pun sebagai guru, dapat memanfaatkan blog sebagai media pemberian tugas kepada murid. 

Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran dapat efektif untuk siswa kelas 5 SD, namun kita harus menyingkronkan materi dan kemampuan peserta didik, anak kelas 5 sudah bisa di ajak untuk membuat blog.

Untuk menarik perhatian pembaca bisa berbagai macam cara yang bervariatif, bisa lihat apa saja sekarang yang sedang viral di internet dan lain sebagainya, yang penting selalu menjaga komitmen untuk tetap menulis.

Ide dasar ketika menulis atau tulis saja dulu kontennya baru pilih kata-kata yang paling mewakili tulisan anda yang bisa muncul di awal atau di tengah konten”.

Untuk mengelola semangat dalam menulis di blog hingga dapat menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas dan menarik untuk dibaca dengan komitmen saja untuk menulis tentang yang sedang dipikirkan atau yang sudah dialami. sehingga bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya tulisan di blog”.

Mengatasi masalah mood yang menjadi penghalang dalam membuat tulisan? Dan apakah kita sebaiknya mengisi blog pribadi atau blog lain seperti kompasiana?

Jika mood sedang buruk sebaiknya tidak usah memaksakan untuk menulis, jika mood  sudah membaik baru  menulis sebanyak-banyaknya.

Menulis di kompasiana boleh saja namun tetap menulis di blog pribadi, karena blog kompasiana tidak bisa menjamin akan terus ada sehingga tulisan-tulisan kita nantinya akan ikut hilang.


Blog yang kita buat bebas mau campur-campur atau fokus 1 isu, salah satu blog jurnalis dari tempo blog beliau campur-campur, dan banyak lagi yang lainnya yang sudah sukses dalam tulisan mereka juga campur-campur.

Blog pembicara dulu juga campur-campur, hanya saja sekarang saya pisah sesuai dengan bidangnya missal tulisan tentang pendidikan saya kumpulkan pada blog pendidikan.

Untuk membuat siswa banyak berkunjung ke blog kita tentunya sebagai guru sangat mudah, berikan saja tugas kepada mereka yang harus dan mau tidak mau mereka mengunjungi blog kita”.

Setelah pembelajaran berakhir tiba saat pengumuman penanya terbaik. ternyata nama penulis muncul sebagai penanya terbaik dan di minta menghubungi pemateri secara pribadi.

Dengan senang hati penulis WA pembicara yang langsung di balas dengan telepon. hampir satu jam kami berdiskusi terkait penulisan di blog, media online, perkembangan teknologi, mencari trafic dan viewer dan tentunya pengalaman beliau.

Ke depan saya akan tuliskan diskusi langsung dengan beliau pada tulisan di blog ini atau di media online Melintas.id. Terutama tentang hadiah yang penulis masih menunggu sampai.

" Kebanyakan orang yang gagal dalam mimpi
mereka gagal bukan dari kurangnya kemampuan
tetapi dari kurangnya komitmen."
( Zig Ziglar )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serunya Menulis Buku Cerita Digital (16)

Resume ke : 16 Gelombang : 29 Hari / Tanggal : Senin, 31 Juli 2023 Tema : Menulis Buku Cerita Digital  Narasumber : Raliyanti, S. Sos, M. Pd...