Rabu, 19 Juli 2023

Mengelola Majalah Sekolah di Era Kemajuan Teknologi

 






Resume ke : 11

Gelombang : 29

Tanggal : Rabu, 19 Juli 2023

Judul : Mengelola Majalah Sekolah

Narasumber : Widya Setyaningsih, S.Ag.

Moderator : Nur Dwi Yanti, M.Pd


Pertemuan KBMN 29 telah sampai pada pertemuan ke-11 pada hari ini Rabu, 19 Juli 2023 tepat pada tanggal 1 Muharram yang merupakan tahun baru Islam.

Pertemuan kali ini berjudul mengelola majalah sekolah dengan pembicara bernama Widya Setianingsih, S.AgDidampingi oleh moderator yang sudah tidak asing lagi yaitu Nur Dwi Yanti, M.Pd.

Di awal pertemuan moderator memberikan karya pembicara di wa grup.Tidak lupa puisi Moderator juga di bagikan di grup KBMN-29 untuk pembuka contoh karya.

Jika kita menginginkan sesuatu dengan percaya, yakin, serta ikhlas. 
Semesta juga akan mendukung keinginan itu

Biodata penulis yang di ambil dari blog beliau nama Widya Setianingsih, S.Ag, aseli Malang Jawa Timur. Putri ke-4 dari Bapak Syarif dan Ibu Martini. Pendidikan sarjana di UIN Maliki Malang fakultas Pendidikan Agama Islam.

Aseli Arema (Arek Malang) Jawa Timur ini memiliki 2 putra yakni Althafian dan Rakha Bisma. Kecintaannya pada dunia anak membuat penulis mencintai dunia mendongeng. Tulisan yang berisi cerita dongeng untuk anakku, insyaallah akan menjadi karya solo kedua penulis.

Menjadi guru madrasah dan saat ini mengajar di MI Khadijah Malang. Spesialis pengajar siswa kelas 1 dan 2. Mempunyai hobi travelling, membaca, berkebun dan menulis.

Sejak tahun 2012 hingga sekarang penulis menjabat sebagai pimpinan redaksi majalah sekolah yang bertajuk “Kharisma” (Khadijah is my inspiration). Saat ini penulis dipercaya menjadi ketua penggiat literasi madrasah atau lebih dikenal GELEM (Gerakan literasi madrasah).

Dalam blognya ada pesan yang bagus sekali sehingga perlu penulis sampaikan kembali di sini


Hidup sejatinya adalah proses belajar. Sejak kita terlahir dari rahim ibu kita, perjalanan dan proses belajar yang panjang dimulai.

Ilmu dari Ilahi telah di anugerahkan pada diri manusia sejak bayi. Tinggal kita mengembangkan, memperluas dan memanfaatkannya dalam kebajikan. Betapa Allah sangat mencintai manusia yang berilmu.

Sehingga dalam surat Al Mujadillah ayat 11, Allah berfirman yang artinya.

"Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu.

Sahabat literasi nusantara, saya hanyalah pecinta literasi biasa dan berawal dari zero. Sungguh bergabung di komunitas penulis seperti ini mampu melejitkan potensi kita untuk menjadi penulis yang produktif.

Kuncinya adalah MAU

Bagaimanapun juga satu ons tindakan lebih berarti dari pada satu ton pemikiran. Bagaimanapun juga satu ons tindakan lebih berarti dari pada satu ton pemikiran.

So ayoo segera bersiap keluar dari zona nyaman untuk menyambut kesuksesan. Saatnya telah tiba...
Hari ini adalah hari kesuksesan Anda sekalian.

Sudah tentu untuk menggugah peserta pelatihan agar semangat berkobar-kobar 

Setiap sekolah tentu ingin dikenal oleh khalayak luas. Baik sekolah negeri, lebih-lebih sekolah swasta. Selain itu sebagai lembaga , komunikasi, promosi, dan sosialisasi dengan orangtua, masyarakat sebagai STAKE HOLDER sangat diperlukan.

Semua itu dapat terjawab dengan hadirnya Majalah Sekolah. Tentu sebagian dari kita berfikir, haduuh rasanya tidak mampu deh punya majalah sendiri.

SDM kurang, biaya tidak ada dan dukungan dari sekolah kurang optimal.Itu sama dengan pikiran yang saya dan teman saya rasakan awal mula berdirinya Kharisma (nama majalah sekolah kami)

Awal mula, hanya ada dua orang yang merintis terbitnya majalah sekolah. Satu teman saya sebagai pimred merangkap layouter. Dan saya sebagai pemburu berita merangkap bendahara.

Jangan dibayangkan majalah Kharisma diawal seperti saat ini bpk/ibu.Majalah kami hanya berukuran setengah kertas folio. Untuk mencetaknya kami hanya mampu fotokopi.

Layout dengan cara gunting dan tempel.Sangat sederhana bukan? Kemampuan menulis apa adanya bukan soalan. Yang kami inginkan hanya berbagi informasi, berita, dan cerita tentang anak didik kami.

Akhirnya majalah pertama sekolah kami bisa sampai di tangan anak-anak didik kami. Saat itu penggandaan majalah didanai oleh sekolah.


SELUK BELUK MAJALAH

MENURUT KBBI MAJALAH ADALAH : Terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca.

Berdasarkan Waktu penerbitannya, majalah dibedakan atas: majalah bulanan, tengah bulanan, mingguan, dan sebagainya’.

Menurut pengkhususan isinya dibedakan atas majalah berita, anak-anak, wanita, remaja, olahraga, sastra, ilmu pengetahuan tertentu, dan sebagainya;

LANGKAH LANGKAH MENERBITKAN MAJALAH SEKOLAH*

1. Menyatukan ide dan gagasan. 

2. Mengajukan Proposal.

3. Membuat rancangan majalah. Menentukan nama majalah, isi berita, pendanaan dll.

4. Mencari rekanan pendukung. Percetakan, sponsor dll


Susunan Redaksi Majalah Sekolah

1. Penasehat : Dari Yayasan Sekolah/Komite Sekolah
Tugasnya: Memberikan segala pertimbangan terhadap segenap crew tentang majalah sekolah

2. Penanggung Jawab : Yaitu Kepala Sekolah
Tugasnya : Bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya penerbitan pers, baik ke dalam maupun ke luar. Ia dapat melimpahkan pertanggungjawabannya kepada Pemimpin Redaksi sepanjang menyangkut isi penerbitan (redaksional)

3. Pimpinan redaksi : Dari Guru yang ditunjuk. Pemimpin Redaksi (Editor in Chief) bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari. Ia harus mengawasi isi seluruh rubrik media massa yang dipimpinnya.

4. Editor
Tugasnya: Bertanggung jawab swa sunting tulisan, proofreading dan mengedit semua tulisan

5. Reporter : Reporter merupakan “prajurit” di bagian redaksi. Mencari berita lalu membuat atau menyusunnya, merupakan tugas pokoknya.

6. Fotografer Tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek tertentu yang bernilai berita atau untuk melengkapi tulisan berita yang dibuat wartawan tulis.

7. Layout
Tugasnya mendesain majalah, dan tata letaknya agar menjadi tampilan komunikatif dan menarik untuk disajikan

8. Bendahara : Tugasnya: Mengatur jalannya sirkulasi keuangan majalah sekolah


Pemateri menyampaikan Manfaat Majalah Sekolah
1. Sebagai sarana komunikasi sekolah dengan walimurid, dan siswa
2.Media komunikatif sekolah yang berisi berita-berita sekolah, informasi, pengetahuan dan hiburan.
3. Wadah kreativitas guru dan siswa dalam berkarya (menulis, menggambar dll)
4. Sarana publikasi sekolah di masyarakat
5. Menjadi Kebanggaan sekolah dan menambah nilai plus sekolah terutama saat akreditasi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menerbitkan majalah.
1. Membuat nama majalah. Buatlah nama yang unik, menarik dan mudah diingat. Bisa juga membuat nama majalah berupa singkatan nama sekolah, atau kata-kata yang menginspirasi.
Contoh : SMART, MUTUALISTA, KONTAK, CAHAYA.
KHARISMA singkatan dari Khadijah Is My Inspiration.

2. Menentukan artikel yang akan ditampilkan. 
    1. Visi Misi Sekolah : Visi, misi sekolah masing-masing dituliskan di hal 2.
    2. Salam Redaksi : Kata sapaan pimred pada pembaca, menyampaikan isi majalah secara singkat,                 tema majalah, kondisi teraktual saat itu.
    3. Berita Sekolah : Kegiatan-kegiatan sekolah, misalnya peringatan PHBI-PHBN, kegiatan sekolah             dll.
    4. Profil Guru : Dimuat secara bergiliran mulai dari kasek, wakasek, guru, staf pendidik.
    5. Profil Siswa Berprestasi: Menampilkan siswa paling berpretasi.
    6. Karya Siswa : Menampilkan tulisan siswa, puisi, cerpen, foto hasil karya siswa berupa kerajinan,             gambar dll.
    7. Kegiatan Siswa: Kegiatan outingclass, ataupun inclass. Misalnya outbound, praktek di kelas, unjuk         kerja, game dll.
    8. Kuiz berhadiah: Disesuaikan dengan jenjang kelas. Untuk SD TTS, tebak gambar, dll. Dan                     berhadiah.
    9. Prestasi Sekolah : menampilkan prestasi terbaru dari guru, siswa, dan sekolah.
    10. Info dan pengumuman: Info ujian, libur dsbnya

Alamat, Visi dan misi sekolah dicantumkan di halaman 2. Jika menginginkan memasang foto crew majalah bisa juga di letakkan di halaman 2.

3. Mengajukan ISSBN. Agar majalah kita memiliki hak paten, maka Mengajukan ISSBN sangatlah penting. Kita bisa menghubungi penerbit untuk membantu kita mendapatkan ISSBN.

4. Menentukan Bahasa yang dipakai dalam majalah.

Sebelum menentukan bahasa yang akan kita pakai, kita harus mengetahui sasaran pasar kita yakni siswa-siswi kita dan walimurid.

Saran :

  • Gunakan bahasa yang mudah dimengerti anak-anak.
  • Tidak menggunakan bahasa terlalu formal/kaku.
  • Gunakan bahasa keseharian dan pergaulan.
  • Selipkan bahasa-bahasa gaul yang lagi ngetrend (asalkan harus sopan) Misalnya hay gaess, hai sobat (sapaan untuk para pembaca)

Gunakan bahasa komunikatif sehingga seolah-olah kita sedang berbincang dengan pembaca.

5. Carilah tema dari hal yang lagi booming atau ngetrend di lingkungan sekolah dan masyarakat. Isue-isue keseharian yang sedang booming di lingkungan sekolah dan masyarakat bisa kita gunakan sebagai tema. Misalnya :

Tetap Berprestasi di Masa Pandemi.
Semakin Berilmu Semakin Berakhlak
Lets go green
Raih Mimpi Setinggi Bintang
Hold Your Star

6. Cover dan Layout Menarik.

Fungsi dari cover majalah adalah untuk melindungi isi majalah. ✍️Mencerminkan tema dan isi majalah. Karena itu tampilan cover harus menarik pembaca.

Hal yang perlu diperhatikan dalam Layout dan tata letak majalah. Dibuat sesuai tema dan tingkatan usia pembaca (SD, SMP, SMA).

Praktis, simple, menarik dan memuat seluruh artikel dengan penataan padat tapi tidak sumpek. Carilah guru yang berkompeten di IT sebagai tenaga layout dengan menggunakan aplikasi Corel.

Untuk cetak majalah tidak semuanya kita cetak warna, hal ini untuk menekan budget agar tidak terlalu tinggi. Bisa 8 halaman saja yang di cetak warna, yang lainnya cukup hitam putih saja.

7. Pembiayaan.

Pembiayaan digunakan untuk:

1. Biaya cetak majalah

2. Membayar HR crew

3. Pembelian hadiah kuiz dll

*Pembiayaan cetak majalah bisa di bagi menjadi 3.*

1. Murni dari siswa: Siswa membeli majalah (dimasukkan di daftar ulang atau SPP)

2. BOSDA

Pembiayaan majalah bisa diambilkan dari dana BOSDA dengan kode rekening biaya cetak/penggandaan dan membayar honorarium.

3. Sponsor.

Bisa dengan menggandeng walimurid yang ingin beriklan tentang usahanya dengan memasang iklan tersebut di majalah.

8. Percetakan. Tidak bisa dipungkiri percetakan merupakan faktor penting adanya majalah secara fisik.

Akan tetapi bila tidak memungkinkan majalah dicetak karena beberapa hal misalnya pendanaan, situasi tidak bisa tatap muka karena pandemi maka majalah bisa juga disampaikan dalam bentuk online. Misalnya dishare dalam bentuk PDF melalui WhatsAp, Web sekolah, IG, Facebook dll.

Bisa juga melalui aplikasi flipbook atau photoshop.

8. Upgrade Ilmu Secara Kontinue. Agar majalah selalu Uptodate maka harus ada jadwal untuk mengupgrade ilmu bagi para crew.

Misalnya pelatihan menulis, pelatihan aplikasi Corel,Photoshop untuk layout dll dengan memberdayakan teman sejawat atau mendatangkan narasumber ahli.

9. Pupuk Kekompakan Team. Ibaratnya tubuh maka crew majalah adalah bagian team yang memiliki tugas SAMA PENTING nya. Oleh karena itu team harus solid, terus pupuk kekompakan team. Saling mendukung dan mengisi kekurangan satu sama lain adalah kunci langgengnya sebuah team.

Saat ini majalah kami memasuki edisi ke 23. Akan ada hadiah berupa majalah Kharisma bagi 2 peserta.


TANTANGANNYA

Tuliskan artikel apa saja tentang sekolah sahabat sekalian di blog. Saya beri waktu 15 menit. Jika ada foto bisa disertakan juga. Gunakan bahasa yang ringan, menarik, informatif dan komunikatif.

Grup di buka dan saya langsung menulis tantangan menulis dalam waktu 15 menit walau sempat telat karena ada hambatan tetapi berhasil dikumpulkan.

Saya menulis tentang kegiatan pembekalan prakerin sebagai tugas tantangan menulis untuk majalah sekolah. Masuk ke sesi pertanyaan, banyak pertanyaan dari peserta di waktu yang sudah mepet.


Saya sempat bertanya di pertanyaan ke-3

Ini isinya;

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Ahmad Soleh dari Jakarta

Pertanyaan:

1. Bagaimana majalah sekolah di tempat ini dapat bertahan hingga sekarang?

2. Untuk penjualan majalah apakah siswa diwajibkan membeli atau sukarela?

Bila sukarela bagaimana membangun minat siswa untuk membeli majalah sekolah?

Bila wajib bagaimana respons orang tua dan keterkaitan dengan peraturan


Jawabannya:

Waalaikum salam pak Ahmad Sholeh.

1. ✅Kuncinya adalah kerjasama yang baik dengan yayasan, sekolah, guru, orangtua dan walimurid.

✅Terus upgrade dan upaya perbaikan

✅Memberikan pengarahan secara kontinue pada siswa ttg budaya membaca

✅Melibatkan siswa dalam penulisan, sehingga siswa merasa memiliki.

Setiap kelas selalu diminta menuliskan kegiatan kelasnya untuk di tayangkan.

2. Untuk di sekolah kami anak-anak diwajibkan membeli. Biayanya di masukkan saat daftar ulang di awal tahun berbarengan dengan pbelian buku cetak dan lks.

Alhamdulillah orangtua support dan ikhlas memberi. Jika secara sukarela tentu tidak semua anak akan memiliki. Bisa diambilkan dari dana bos.

Pertanyaan sampai 9 pertanyaan pada jam 21.30

Semoga setelah pertemuan ke-11 ini banyak yang terinspirasi untuk membuat majalah sekolah juga. untuk teman-teman semangat menjalani petihan sampai akhir.

Sebagai penutup ada quotes yang sangat bagus:

Keinginan untuk menang, keinginan untuk sukses, 
dorongan untuk mencapai potensi penuhmu, 
adalah kunci yang akan membuka pintu 
menuju keunggulan pribadi." 
(Confucius)


11 komentar:

  1. Balasan
    1. terima kasih, masih banyak kekukrangannya

      Hapus
  2. kususuri indahnya untaian kata penuh makna
    goresan tarian penamu membuatku tergoda
    terbang ke angkasa raya mencari pemilik diksi penuh pesona
    larut dalam impian mimpi hingga jumpa dirimu di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalah daya aku yang papa
      Hanya mencoba memberikan yang ku bisa
      Semoga bermanfaat untuk diri dan mereka
      Semoga mimpi bertemu menjadi nyata

      Terimakasih atas kunjunganya

      Hapus
  3. Apakah Anda memiliki pengalaman mengelola buletin, Mading, blog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada semua pernah lebih lama di mading, untuk blog ada pribadi dan kelompok

      Hapus
  4. Mantapz... F. One.... Melajuuu pak Achmad

    BalasHapus

Serunya Menulis Buku Cerita Digital (16)

Resume ke : 16 Gelombang : 29 Hari / Tanggal : Senin, 31 Juli 2023 Tema : Menulis Buku Cerita Digital  Narasumber : Raliyanti, S. Sos, M. Pd...