Jumat, 30 Juni 2023

Teknik `Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id: Bukan Sekedar Menulis!

 




Resume ke          : 6

Gelombang         : 29

Tanggal               : 30 Juni 2023

Judul                  : Teknik menulis untuk situs berita Melintas.id

Narasumber        : Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.

Moderator           : Arofiah Afifi, S.Pd.




Kalau kamu bukan anak raja
dan engkau bukan anak ulama besar, 
maka jadilah penulis 
(Imam Al-Ghazali)



Pada pertemuan KBMN-29 kali ini moderator ibu Arofiah Afifi menemani pembicara bapak Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. Beliau lahir di Jakarta, 30 Juni 1992 dan tinggal di daerah Bekasi.


Pria yang berprofesi sebagai guru di SD Sumur Batu 01 Jakarta dan kini menjadi pemimpin redaksi portal berita online Melintas.id memulai aktivitas menulis ketika blog pertamanya (www.praszetyawan.com) dibuat pada 2009.


Melintas merupakan akronim dari *Media Literasi Nusantara Semaja*. 


Pak Brian menceritakan, "Awalnya Ide untuk membuat media online ini berasal dari sebuah pengalaman Pak Ahmad Fatchudin, peserta KBMN gelombang 27 saat menjadi penulis di salah satu media online yang memiliki sekitar 30-40 penulis dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan bagi setiap penulis yang lumayan besar.


Kemudian beberapa alumni yang juga anggota tim solid omjay beserta Omjay diajak untuk mendirikan media online ini yang kemudian menjadi tim redaksi melintas.id yang terdiri dari 7 orang."




Hal penting ketika menulis di portal berita melintas.id menurut pengetahuan dan pengalaman penulis selama menulis di melintas.id;

  1. Judul 100-110 karakter
  2. Deskripsi 100-140 karakter
  3. 3 paragraf pertama harus mengantar atau kata kunci yang juga berkaitan dengan judul dan deskripsi
  4. Isi tulisan harus minimal 350 sampai 800 kata
  5. Tulisan harus mengikuti standar SEO
  6. Plagiarisme di bawah 30%
  7. Gambar harus dari sumber resmi yang tidak berbayar




Melintas.id didirikan dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. 

Nilai tambah yang dimaksud bukan saja dari segi penghasilan, tapi lebih dari itu, yaitu memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI. 



Untuk menjadi media yang maju, promedia sudah memiliki formula bagaimana membuat tulisan yang mendukung berkembangnya media tersebut.



Yang menarik untuk portal berita tidak sama dengan menulis artikel biasa yang mana pada artikel 1 paragraf berisi 4-5 kalimat bahkan bisa lebih pada portal berita hanya boleh 1 kalimat panjang atau 2 kalimat pendek agar menarik bagi pembaca berita yang mayoritas menggunakan Handphone.


Portal berita melintas.id memiliki rubrik pendidikan, sastra, parenting, news, religi, literasi, olahraga, ragam, opini, video dan foto.


Sebelumnya tidak seperti itu karena itu merupakan perubahan hari in dengan 2 rubrik yaitu rubrik olahraga dan opini merupakan rubrik baru menggantikan rubrik budaya dan buku.


Tulisan rubrik budaya akan dimasukkan ke dalam rubrik ragam dan rubrik buku yang mengulas buku maupun resensi digabung ke dalam rubrik literasi.


Melintas.id merupakan media yang berkembang pesat karena di dalamnya terdapat redaksi, editor dan penulis yang berpengalaman dan memiliki keyakinan dan semangat yang tinggi.


Dengan total 1.983 tulisan sejak awal berdiri mulai tanggal 11 Mei hingga hari ini merupakan pencapaian yang sangat baik.



Penulis dan editor saling bekerjasama, seringkali bila ada penulis yang salah atau typo editor akan menghubungi. 


Begitu juga sebaliknya bila kesalahan pada editor akan di hubungi oleh penulis yang bersangkutan atau koordinasi lewat grup WhatsApp.


Untuk editor sendiri hingga hari ini ada yang sudah mengedit sebanyak 262 artikel, bahkan seringkali editor juga masih ikut memberikan tulisan pribadinya.


Untuk total view sudah mencapai 142 ribu tayangan, capaian yang sangat fantastis untuk media yang baru 1,5 bulan berdiri ini.




Dari tulisan yang dimuat ada tulisan yang di baca oleh 9 ribu orang pembaca hanya untuk 1 halaman saja bila di tambah halaman berikutnya sudah tentu menjadi belasan ribu.


Untuk total view penulis 1 orang ada yang sudah mencapai 30 ribu tayangan. Sungguh media dan iklim yang baik yang dapat menghasilkan capaian seperti itu.




Menulis di melintas.id memberi pengalaman dan wawasan baru tentang menulis.  Melintas.id merupakan situs portal berita sehingga memiliki ciri khas/gaya tulisan tersendiri yang berbeda dengan tulisan blog, buku, karya ilmiah, atau jenis tulisan lainnya


inilah judul berita yang mendapatkan 14 ribu view pada portal berita melintas.id kebetulan adalah milik penulis blog ini. hehe...


Berikut ini link tulisan di melintas.id tersebut,


https://www.melintas.id/pendidikan/341327102/cara-mengetahui-lolos-ppg-daljab-2023-dan-langkah-langkah-bagi-kategori-a-dan-b-setelah-ajuan-data-disetujui








Melintas.id merupakan situs portal berita nasional yang pengelolaan IT-nya di bawah naungan promedia. Promedia sudah memegang hampir seribu situs portal berita di seluruh Indonesia, bahkan media online sebesar Suara Merdeka dan Jawa pos juga dipegang promedia. jadi melintas.id ini berada ditengah ekosistem media yang mumpuni.


Materi hari ini di beberapa kali harus menunggu pemateri sebab beliau sedang berada di daerah terdampak gempa bumi. Namun masih tetap menjutka untuk memberi materi, sangat konsisten


Masuk ke sesi tanya jawab moderator mempersilakan peserta menyampaikan pertanyaan ke moderator untuk di sampaikan kemudian ke pemateri di grup whatsapp.


Pertanyaan pertama ternyata berasal dari saya sendiri yang isinya;

1. Mengapa di melintas.id tidak ada rubrik entertainment atau berita tentang selebritis? 2. Untuk menjadi penulis yang baik di portal berita mana yang lebih kita pentingkan idealisme, kemauan pribadi/mood atau mengejar jumlah Viewer (Menarik bagi pembaca)

Berikut jawaban langsung dari pak Brian;


1. Karena melintas.id ingin mengusung sebagai situs terdepan dalam pendidikan dan Literasi Akan kontradiktif jika situs pendidikan memuat berita kasus perselingkuhan artis 😅 Namun bukan berarti hal-hal tentang artis ditolak semua. Jika ada berita artis tapi terkait dengan pendidikan atau parenting, bisa dimuat 2. Harus realistis, menulis di portal berita adalah mengejar jumlah pembaca. Kadang ini yang suka bersebrangan dengan idealisme/norma baku kepenulisan.



Silvie dari Serang menjadi penanya kedua dengan pertanyaan; 1. Apa pertimbangan menjadi cc Melintas harus memiliki 15 tulisan yg dimuat? 2. Berapa lama tulisan kita bisa dikatakan dimuat/tidak? Adakah batasan waktunya?


pak brian menjawab dengan renyah dan asyik pertanyaan yang serius ini, seperti berikut;


1. terlalu sedikit ya 15 tulisan? 😅. Iya harusnya 30 tulisan karena komitmen awal menulis setiap hari. Namun kesepakatan dari tim redaksi adalah minimal 15 tulisan. Sehingga setidaknya produktif menulis dua hari sekali 2. tidak ada batasan waktu yang pasti. Rata-rata paling lama 1 hari. Tapi ada yang berhari-hari karena banyak tidak sesuai dengan ketentuan melintas. Jika seminggu belum tayang dan tidak ada kabar, bisa tanyakan japri ke saya.

Dan masih banyak pertanyaan berikutnya dari ibu Iah asal bandung yang menanyakan arti kata Semaja,

Latifah dari Jakarta memberikan pertanyaaan;
Tadi sudah dijelaskan tentang sumber-sumber artikel 1. Bolehkan jika tulisan kita Bersumber dari YouTube ceramah atau parenting- parenting dan sebagainya? 2. Apakah kita harus menuliskan asal sumber? 3. Untuk penulisan Cerpen bersambung berarti kita harus mengirimkan naskah versi utuh tamat ya Pak?

Jawaban pertanyaan ini singkat, jelas dan di sertai contoh seperti berikut;

1. Tergantung. lihat dulu menu "tentang" channel youtube tersebut. Apakah ada disclaimer bahwa kontennya boleh dipakai atau tidak.
2. sumber berita harus ada. Termasuk jika tulisan opini maka ditulis opini pribadi, tulisan sastra ditulis sumbernya: imajinasi penulis, berita hasil liputan sendiri ditulis: liputan langsung
3. betul, kirim utuh. Di dalam filenya beri keterangan bagian 1, 2, dst. Nanti biar editor yang posting menjadi beberapa postingan

Darti Isyanti yang juga dari Jakarta serta Bu Erlina Widjaja asal Jakarta dan terakhir pertanyaan dari pak Malikul Rahman tentang tulisan mengenai kegiatan sekolah dan banyak penanya lain lagi yang semuanya menanyakan tentang kebijakan di media melintas.id sampai hal teknis juga ada yang menanyakan agar tetap mood menulis.

Semua di jawab dengan baik satu persatu hingga waktu menunjukkan pukul 22.00 pertanda telah selesai bahkan terlewat dari waktu seharusnya jam 21.00 dan langsung di tutup oleh ibu moderator dengan closing statement dahulu dari nara sumber.

Closing statement dari pak Brian di akhir acara, " Menulis di situs portal berita akan memberikan pengalaman berbeda karena banyak ketentuan yang mungkin baru kita ketahui. Jadi jangan disamakan dengan menulis di blog atau menulis genre lainnya.

Jadi mari kita menulis terus saja, sampai tidak sadar tahu-tahu honor yang datang ke kita, ajak beliau.
Kemudian niatkan menulis di melintas.id untuk pengembangan diri khususnya dalam hal menulis
Melintas.id sudah memiliki lebih dari 1.000 tulisan dalam dua bulan, namun tidak ada satupun penulis yang dibayar saat ini. bahkan tim redaksi juga belum dapat apa-apa. Tapi kenapa masih tetap semangat nulis



Menurut saya bila ada kesempatan untuk bergabung bersama melintas.id silakan bergabung baik menjadi penulis lepas, konten kreator maupun sebagai Author pada situs portal berita tersebut.


Mulai saja semuanya dari hal kecil dan mencoba sebisanya, seperti quote penyemangat berikut ini;


"Upaya yang terus menerus, tak kenal lelah, 

ketekunan dan tekad akan menang. 

Jangan biarkan orang yang memiliki ini berkecil hati." 

(James Whitcomb Riley)


Terimakasih kami ucapkan kepada bu ovie dan pak Brian atas ilmunya yang telah di berikan pada malam hari ini. Semoga kita semua peserta KMBN-29 tetap bertahan semua hingga akhir pembelajaran. Tetap semangat dan saling support!

10 komentar:

Serunya Menulis Buku Cerita Digital (16)

Resume ke : 16 Gelombang : 29 Hari / Tanggal : Senin, 31 Juli 2023 Tema : Menulis Buku Cerita Digital  Narasumber : Raliyanti, S. Sos, M. Pd...