Senin, 26 Juni 2023

Gali Potensi Ukir Prestasi: Cara Bakar Semangat Ala Bu Aam Nurhasanah, Menyala!

 



Resume  KBMN-29

Resume ke          : 4


Gelombang         : 29


Tanggal               : 26 Juni 2023


Judul                   :  Gali Potensi Ukir Prestasi


Narasumber        : Aam Nurhasanah, S.Pd.


Moderator           : Mutmainah, M.Pd.



 Di awal pertemuan yang telah memasuki pertwmuan ke 4 ini moderator memperkenalkan dirinya Perkenalkan, saya Mutmainah biasa dipanggil Emut dari Lebak Banten."


Ibu moderator ternyata alumni peserta Belajar Menulis PGRI gelombang 24 (Januari-Maret 2022). Yang memulai belajar dari NOL BESAR hingga menghasilkan buku solo (hasil 30 kali pertemuan dengan Narasumber keren).


"Menulis Merupakan tingkat literasi paling tinggi setelah mendengar, berbicara  dan membaca. Meskipun menulis tidak mudah namun harus tetap dilakukan sebagai bukti kita ikut memberikan sesuatu bagi peradaban. Tanpa meninggalkan tulisan manusia akan semakin mudah dilupakan.", Ini pesan moderator yang akan selalu saya ingat sebagai peserta.


Saya langsung ingat sebuah quote dari Pramoedya Ananta Toer Menulislah maka kau akan abadi!


Karena kau menulis

suaramu takkan ditelan angin,

akan abadi sampai jauh, 

jauh di kemudian hari 


(Pramoedya Ananta Toer)



Pemateri pertemuan ke-4 KBMN-29 Ibu Aam Nurhasanah merupakan seorang guru pegiat literasi yang telah menulis 62 buku dan aktif di berbagai komunitas menulis.


Beliau juga seorang blogger, moderator, kurator, editor juga motivator penulis pemula. 

Ia juga merupakan pioneer pegiat literasi kabupaten Lebak Banten.



Untuk menggali Potensi Ukir Prestasi, Kita bisa mulai dari hal yang Kita Sukai dan hal yang Kita Kuasai. Bila suka menulis. Maka mulai dari kegiatan menulis.


 Pembicara berbagi pengalamannya sebagai peserta gagal (Belajar Menulis) BM 8 dan mengulang di BM 12. Beliau tetap semangat untuk belajar dan terus berproses hingga lulus


Semangat beliau berkobar sejak menerima materi dari Bunda Kanjeng di mana saat itu semua peserta diminta menuliskan pengalaman mengikuti materi bunda untuk dijadikan sebuah buku antologi. 



"Yah, buku pertamaku lahir. 

Sebuah buku antologi yang berjudul _Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng._ Bahagia rasanya ketika nama saya ada di urutan pertama dari 42 penulis se-Indonesia". Kenang Bu Aam.


Ternyata sama seperti saya yang buku pertamanya adalah buku antologi bersama bunda kanjeng, tentu saja saya menjadi lebih bersemangat lagi di KBMN-29 ini.




Saya baru saja menerima buku antologi berjudul "Bunga Rampai HARDIKNAS 2023: Antologi Peran Guru dalam Merdeka Belajar" tentu saya harus banyak belajar lagi agar bisa seperti Bu Aam sekarang ini.


Beliau menerbitkan buku solo pertama dengan judul MENGUKIR MIMPI JADI PENULIS HEBAT. Sebuah judul buku adalah sebuah doa, terbukti kini Bu Aam menjadupenulis yang hebat.


Yang menarik adalah saat beliau terpukau melihat Mr. Bams dan Bu Fatimah saat menjadi moderator dapat menjadi ide lahirnya buku solo ke-2 beliau dengan judul: Kunci Sukses Menjadi Moderator Online. Keren!


Bu Aam juga pernah meraih Juara 1 Lomba Blog PGRI yang diumumkan pada 11 Maret 2021. Beliau juga beliau lolos ke penerbit mayor PT Andi Offset. Saat menerima tantangan menulis dengan narasumber Prof. Richardus Eko Indrajit


"Bahagianya saat buku yang kita tulis berjejer rapi di rak-rak buku Gramedia se-Indonesia dan toko2 online lainnya." Ungkap Beliau dengan bangga



Guru hebat adalah guru yang bisa menjadikan muridnya lebih hebat dari gurunya. Rasanya bahagia saat mewujudkan mimpi Juminah, meraih mimpinya menjadi seorang penulis novel.


Novel ini berisi kisah perjuangan Juminah yang merelakan masa remajanya untuk bekerja sebagai TKW usai lulus SMK. Juminah menjadi tulang punggung keluarga untuk membiayai sekolah adik-adiknya sampai akhirnya menemui cinta sejatinya.



Sampailah moderator mengumumkan sesi sharing atau tanya jawab dengan mengirim pertanyaan pada moderator terlebih dahulu.


Pertanyaan pertama yaitu "mbak aam yang manis dan inspiratif, tolong bagikan ide menarik tentang tema buku solo selain dari isi resume, dan jika bisa berhubungan dengan mapel yang diampu matematika."


Beliau menjawab; "Matematika itu menyenangkan, Mari belajar Matematika, Ayo belajar Aritmatika.

Biasanya jika judul bukunya menarik, maka pembaca akan membeli buku ibu"


Bu Aam menjawab bahwa orang yang telah memotivasi dia dari penulis gagal menjadi andal adalah Bunda Kanjeng atau Ibu Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd. Saat beliau mulai menulis buku, beliau memasuki masa Ulama(Usia Lanjut Masih Aktif). 


"Beliau yang telah membongkar semangat saya hingga sekarang. Beliau adalah lentera yang selalu memberi cahaya. Beliau aktif menulis sampai sekarang dan selalu jadi panutan" ungkap Bu Aam.


"Kepada Bu Aam kami sampaikan rasa terimakasih. Karena Bunda malam ini menjadi bertabur semangat, karena inspirasi dari Bunda malam ini, menjadikan kami ingin mengikuti jejak langkah. 

Semoga Allah selalu meridhoi langkah sukses Bunda." Ungkap Bu emut


Memang kami merasakan semangat yang luar biasa pada pertemuan kali ini dengan pengalaman dan kisah beliau.


Memang perlunya kebersamaan kita sebagai penulis juga sebagai guru dalam memajukan Indonesia melalui kemajuan literasi masyarakat.


"Mari bergandengan tangan untuk menyemarakkan literasi di negeri tercinta. Bersama kita pasti bisa menebar warna indah dalam goresan karya". ungkap moderator saat menutup pertemuan.


Akhirnya semangat yang turus menyala hingga pagi hari penulis baru menyelesaikan resume karena saat malam hari masih meeting bahkan selesai KBMN-29 ini. Pagi ini setelah menulis untuk melintas.id baru di post resume pertemuan ke-4 tadi malam.


Terimakasih kami ucapkan untuk moderator Bu emut dan pemateri Bu Aam semoga berkah ilmunya. Untuk teman-teman tetap semangat, pantang menyerah hingga akhir!


2 komentar:

  1. Keren sudah menulis di melintas id juga

    BalasHapus
  2. terimakasih pak, masih belajar juga pak kita sama-sama saling kasih support ya

    BalasHapus

Serunya Menulis Buku Cerita Digital (16)

Resume ke : 16 Gelombang : 29 Hari / Tanggal : Senin, 31 Juli 2023 Tema : Menulis Buku Cerita Digital  Narasumber : Raliyanti, S. Sos, M. Pd...