Jumat, 30 Juni 2023

Blog Sebagai Media Pembelajaran: Guru Menjawab Tantangan Perkembangan Zaman

 

Resume  KBMN-29

Resume ke          : 5

Gelombang         : 29

Tanggal               : 26 Juni 2023

Judul                  :  Gali Potensi Ukir Prestasi

Narasumber        : Aam Nurhasanah, S.Pd.

Moderator           : Helwiyah, S.Pd., M.M,





"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), 

kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,”

(Qur'an surat Al Insyiroh :7)


Pertemuan ke 5 KBMN PGRI KE-29 kali ini penulis memperhatikan materi di tengah kesibukan hiruk pikuk malam takbiran hari raya Idul Adha 1444 H.


Semula saya menyangka pembelajaran di KBMN-29 pada hari Rabu malam, tanggal 28 Juni 2023 akan libur sejenak karena bertepatan dengan malam takbiran dan sudah pelaksanaan hari raya idul adha bagi saudara kita dari Muhammadiyah.


Walaupun awalnya kaget karena kantor swasta dan pemerintahan saja libur ataupun pelatihan yang lain juga sama libur karena bertepatan dengan hari raya dan cuti bersama.


Baiklah saya tetap mengikuti walaupun kurang fokus. Mungkin panitia dalam pembuatan jadwal tidak melihat kalender libur nasional ataupun tidak siap untuk fleksibel.


Uniknya saya memperhatikan materi sambil berjaga di posko penerima hewan qurban sehingga harus bolak balik lihat hp dan kadang harus di tinggal. Sudah barang tentu tidak bisa menggunakan 2 device laptop dan HP.


Pada pertemuan kali ini materi dengan judul blog sebagai media pembelajaran di bawakan oleh Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd. sebagai pembicara.


Sebagai Moderator ibu Helwiyah, S.Pd., M.M. yang sebelumnya sudah saya kenal pada saat zoom opening Ceremony KBMN-29.



Pak Dail Ma'ruf sebagai pemateri menyampaikan, "Pertama kita harus tahu apakah Blog ? dan apa media pembelajaran dan bagaimana Blog bisa jadi media pembelajaran.


Era digital 5.0 memaksa kita para guru/ dosen untuk beradaptasi menggunakan media digital. Nah Kehebatan Allah Tuhan yang maha segalanya --kita dapat ujian Covid 19 dengan adanya Pandemi tsb selama 2 tahun kita dipaksa untuk bisa tetap mengajar --dan daring pilihannya."


menurut beliau kejadian pandemi lalu membawa hikmahnya bagi guru lebih kenal media daring seperti Zoom, Google meet dan aplikasi pertemuan Maya lainya yang sebelumnya hanya sebagian kecil guru yang menggunakan.


Memang sebelum pandemi sedikit guru yang mengerti dengan aplikasi tatap Maya apalagi yang menggunakan untukedian pembelajaran hampir tidak ada.


Beliau mengatakan bahwa Blog bagian dari upaya kita memaksimalkan pembelajaran agar kualitas belajar semakin baik.


Walaupun menurut pengamatan saya untuk media pembelajaran banyak yang lebih baik dan interaktif dibanding blog namun perlu juga diterapkan terutama untuk guru sehingga materi pembelajaran dan sumber belajar dapat terdokumentasikan dan dapat di akses oleh siswa dan siapa saja yang mau belajar.


Blog juga baik dalam mendukung literasi khususnya literasi digital untuk siswa terkhususkan lagi untuk guru agar aktif menuliskan ide dan gagasannya terutama terkait pembelajaran yang diampu.


5 Manfaat blog yang di ungkapkan oleh pemateri sebagai berikut;


Selanjutnya pembicara membahas terkait praktik blog sebagai media pembelajaran, berikut gambar presentasinya;




Gambar###

 

Tanggapan terbaik 1, 2, 3 akan dapat buku dari saya


Pak dail juga meminta peserta untuk memilih 1 dari lima permasalahan dan mengomentari permasalahan tersebut. Ada tema tentang qurban, Al Zaytun dan 3 lainnya namun saya memilih mengomentari tentang Al Zaytun walaupun sudah telat. Maklum sambil jaga kandang sapi dan kambing *Hehe* 


Beliau juga mencontohkan pernah membuat 2 tutorial dan mendapatkan jumlah klik yang lumayan banyak  salah satunya Tutorial buat stop kontak untuk murid kls 6 SDI Al azhar serang, "ini video tersebut semoga menginspirasi", kata beliau.


"Sepertinya para peserta sedang sibuk di dapur dan di mesjid pk...... 😀" Ketikan moderator yang buat saya tertawa di malam takbiran. "Hahaha"


Selanjuusesi tanya jawab dari para peserta KBMN-29 


 Penanya pertama adalah Endang Ratna Juwita Bogor dengan 3 pertanyaan nya yaitu; 

1. bagaimana cara mengajarkan blog kepada anak usia dini ?

2. bagaimana menjaga kita tetap konsisten menulis di blog

3. apa tipsnya supaya tulisan kita bisa menarik banyak pembaca.


Pak Dail menjawab, " anak usia dini ? Wah keren nih ( IT memang bisa disesuaikan usianya. Namun blog untuk usia dini harus disesuaikan tingkat perkembangan. Coba kita cari  Blog utk anak usia dini macam Pororo yang dibahas Si Dora yang direview, keren kayaknya.


2. Menjaga konsistensi menulis di blog dengan ikut komunitas menulis setiap hari supaya bersemangat selalu


 3. Tips supaya tulisan menarik : pertama judul bikin kepo. Kedua tambahkan ilustrasi gambar yang mendukung judul, dan 3 ulasan harus jelas dan lugas sehingga pesannya sampai


Lanjut moderator mengirimkan  Pertanyaan kedua dari Ahmad  asal ambon yang menanyakan tidak bisa menanggapi di komen yang langsung dijawab oleh pak dail


 Pertanyaan ke 3 dari Bu Darti asal Jakarta;

"Bu, sy izin bertanya. Berarti kalau pembelajaran menggunakan blog harus dalam jaringan ya pak atau pakai Internet. Lalu kalau penggunanya anak kelas 1 SD apakah direkomendasikan? Terima kasih"


Beliau menjawab harus ada jaringan dan ada HP atau laptop, bisa juga gunakan lab komputer. Kelas 1 SD di kota apalagi dari ortu menengah keatas sudah pada jago. Kalau untuk anak SD level bawah tentu akan melibatkan ayah bundanya kelas 1-3, kl level atas 4-6 sudah mandiri.


Selanjutnya Indah Martini penanya asal Bandar Lampung memberikan pertanyaan yang baik seperti berikut;


"Pada poin 4 blog sebagai media pembelajaran dapat dijadikan tempat guru mengadakan ulangan dan siswa dapat menjawab dikolom komentar, bagaimana caranya agar peserta didik menjawab pertanyaan dengan tidak mengcopy paste jawaban  siswa lain pak?

Terimakasih."


Menurut saya inilah kelemahan blog sebagai media tempat ujian bila dilakukan secara langsung, mau tidak mau harus menggunakan link dari aplikasi lain seperti google form, quizis dan aplikasi lainnya.


Penanya ke-5 adalah Silvie dari Serang dengan 2 pertanyaannya; 

1. Apakah sebaiknya blog media pembelajaran dengan blog pribadi dipisah atau disatukan? 

2. Bagaimana membuat blog media pembelajaran yang menarik untuk siswa? 


Jawabannya; 

  1.  Dipisah lebih baik 

Cara buat blog yang menarik tentu kita harus rajin ubah profile, dan rajin tonton tutorial cara buat blog pembelajaran menarik


2. Kalau untuk siswa  SD dan TK harus Full Colour dan tulisan besar, Kalau SMP dan SMA yang diselingi dengan dunia remaja dan beberapa Kiat sukses dan Tips adakan kuis TTS berhadiah atau tantangan yang skor jawabannya 100 dapat hadiah.


  

Endang suwarni dari Sumbawa NTB memberikan pertanyaan ke-6 bertanya mengenai jenis blog no 5-8 yang sebelumnya pemateri berikan. Langsung di lanjutkan pemateri;


 5. Blog Kesehatan, lebih spesifik tentang Kesehatan, kebanyakan berisi keluhan pasien, berita Kesehatan terbaru, dan keterangan-keterangan tentang Kesehatan.

6. Blog Politik, tentang berita politik aktivis dan semua persoalan berbasis blog seperti kampanye.

7. Blog perjalanan, fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan.

8. Blog Riset, berisi persoalan tentang akademis, seperti berita riset terbaru.


Pertanyaan terakhir yang saya ulas penanya ke-7 Patonah ( Fannieradjib) dari Tangerang

yang memberikan 2 buah pertanyaan; 


1.Apakah ada batasan dalam menulis di Blog?? 

2. Apa sajakah yang boleh ditulis dan apa saja yang tidak boleh ditulis? apa konsekuensinya apabila kita menulis sesuatu yang tidak diperbolehkan atau yang dilarang ??


Pemateri menuturkan;


 1. Blog itu macam wa yang tergantung  bagaimana penggunanya.


 Batasanya etika umum yang sesuai denga aturan agama dan negara. Bukan hanya di blog di media lain pun sama seperti tiktok, IG , FB dan Youtube, jangan asal ingin viral dan terkenal.


2. Tidak boleh mengandung unsur SARA dan mencemarkan nama baik seseorang


" insyaallah kita anggota grup ini tahu mana yang layak dan tidak layak di posting di publik" tutup beliau.


Selesai penjelasan, saya hanya mengumpulkan materi sebagai draft Untuk ditulis keesokan harinya. Semoga kita peserta KBMN-29 tetap semangat sampai akhir. Terimakasih untuk pemateri bapak Dail Ma'ruf dan Bu Helwiyah, Jazakallahu khairon katsiro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serunya Menulis Buku Cerita Digital (16)

Resume ke : 16 Gelombang : 29 Hari / Tanggal : Senin, 31 Juli 2023 Tema : Menulis Buku Cerita Digital  Narasumber : Raliyanti, S. Sos, M. Pd...